Sahabat

http://www.mybannermaker.com
Graphics

26 Mei 2011

Nutrisi

Apa pentingnya nutrisi?
Nutrisi yang berasal dari makanan diserap oleh tubuh kita pada saat makanan melalui saluran pencernaan. Apakah  kegunaan dari nutrisi:
  • Untuk pertumbuhan sel, memeliharanya dan memperbaikinya.
  • Untuk memeberikan energi pada tubuh agar fungsi-fungsinya bisa bekerja.
Dengan kata lain, nutrisi merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan kita. Tentu saja dalam hal ini nutrisi tidak bekerja sendirian, ada serat dan juga air yang membantunya.
Unsur pokok nutrisi digolongkan menjadi dua, pertama nutrisi makro terdiri dari karbohidrat, protein, dan lemak. Kedua nutrisi mikro terdiri dari vitamin dan mineral.
Nutrisi Makro
Nutrisi makro adalah nutrisi terpenting untuk menjaga kesahata tubuh. Apa saja kegunaan nutrisi makro:
  • Menyediakan energi untuk tubuh, dengan memecah karbohidrad dan lemak.
  • Menyediakan building block dari tubuh, yaitu protein. Protein penting bagi tubuh untuk membuat sel, menjaga dan memperbaikinya.
Nutrisi Mikro
Tanpa keberadaan vitamin dan mineral, nutrisi makro tidak dapat mengeluarkan energi begitu saja. Jadi walaupun nutrisi makro paling penting, dia tergantung pada nutrisi mikro untuk bekerja.
Vitamin adalah unsur organik. Vitamin mengaktifkan enzym-enzym, berupa protein yang bekerja sebagai katalis, untuk mempercepat reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh kita.
Tubuh kita hanya bisa menghasilkan vitamin D dan K, sisanya didapat dari makanan yang kita makan.
Mineral adalah unsur unorganik. Mineral berasal dari batu-batuan dan bijih-bijih mineral. Mineral masuk kedalam rantai makanan melalui tanah.
Kita mendapatkan mineral dari tumbuhan yang tumbuh ditanah yang kaya mineral dan juga dari binatang yang memakan tumbuhan.
Mineral terdiri atas:
  • Kalsium dan mangnesium adalah unsur utama pembentuk tulang.
  • Sodium dan potassum berguna untuk mengontrol keseimbangan air dalam tubuh.
  • Mineral yang lainya, seperti chromium, besi, dan magnesium, dibutuhkan untuk beberapa proses kimia dalam tubuh.
Nutrisi-nutrisi diatas adalah nutrisi yang telah dikenali oleh para ahli dan digolongkan. Namun dalam tumbuh kita masih banyak jenis nutrisi yang sebetulnya tidak bisa digolongkan, seperti misalnya asam lemak omega dan phytonutrisi. Phytonutrisi atau disebut juga phytokimia, adalah unsur yang bertindak sebagai system kekebalan alami tumbuhan, dan ini berefek juga bagi kesehatan manusia.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan